tiada hari tampa sesuatu yang megasikan…………

NETBOOK

NETBOOK

Netbook (kadang-kadang juga disebut notebook mini atau ultraportables)adalah cabang subnotebooks , yang cepat berkembang [1] kategori kecil, ringan, dan murah laptop komputer cocok untuk komputasi umum dan mengakses aplikasi berbasis Web , mereka sering dipasarkan sebagai “pendamping perangkat “, yaitu, untuk meningkatkan akses komputer lain yang pengguna.
Pada awal mereka di akhir tahun 2007 – sebagai notebook kecil dioptimalkan untuk berat badan rendah dan biaya rendah – netbook dihilangkan fitur tertentu (misalnya, optical drive ), fitur layar yang lebih kecil dan keyboard, dan menawarkan mengurangi spesifikasi dan daya komputasi. Selama evolusi mereka, netbook memiliki ukuran berkisar dari kurang dari 5 “diagonal layar ke lebih dari 10,1 “. Sebuah bobot yang khas adalah 1 kg (2-3 pound). Seringkali secara signifikan lebih murah daripada yang lain laptop , pada pertengahan 2009, beberapa operator data nirkabel mulai menawarkan netbook untuk pengguna “bebas dari” biaya, dengan pembelian kontrak jasa diperpanjang.
Dalam waktu singkat sejak penampilan mereka, netbook telah tumbuh dalam ukuran dan fitur, sekarang konvergen dengan baru yang lebih kecil, notebook ringan. Pada bulan Agustus 2009, ketika membandingkan netbook Dell untuk notebook Dell, CNET disebut netbook “tidak lebih daripada yang lebih kecil, notebook murah,” mencatat, “spesifikasi sangat serupa yang rata-rata pembelanja kemungkinan akan bingung mengapa satu lebih baik daripada yang lain, “dan” satu-satunya kesimpulan adalah bahwa memang ada ada perbedaan antara kedua perangkat. ” Namun, pada bulan yang sama, Walt Mossberg disebut mereka “kategori baru yang relatif kecil,, minimalis, dan murah laptop ringan “.

SEJARAH NETBOOK
Asal-usul netbook dapat ditelusuri ke Jaringan Komputer (NC) konsep pertengahan tahun 1990-an. Pada bulan Maret 1997, Apple Computer memperkenalkan 300 eMate sebagai laptop subkompak yang merupakan silang antara Apple Newton PDA dan laptop komputer konvensional. eMate itu dihentikan, bersama dengan semua perangkat Newton lainnya, pada tahun 1998 dengan kembalinya Steve Jobs. Baru-baru ini, Psion ‘s sekarang-dihentikannetbook line, OLPC XO-1 (mulanya disebut US $ 100 laptop) danFoleo Palm semua kecil, portabel, jaringan memungkinkan komputer. yang generik penggunaan “istilah” netbook, bagaimanapun, dimulai pada 2007 ketika Asus memperkenalkanASUS Eee PC . Awalnya dirancang untuk pasar negara berkembang, 23 cm × 17 (9,1 × 6,7 dalam) perangkat beratnya sekitar 0,9 kg (2 lb) dan menampilkan 7 di (18 cm) display, keyboard sekitar 85% ukuran keyboard normal, solid-state drive dan adat versi Linux dengan disederhanakan antarmuka pengguna diarahkan menggunakan netbook. [9] Setelah Eee PC, Everex meluncurkan berbasis Linux CloudBook , Windows XP dan Windows Vista model yang juga diperkenalkan; MSI merilis Wind , Dell dan HP baik mengeluarkan “mini” series (yang Mini dan HP Mini ), dan lain-lain segera mengikutinya.
The OLPC proyek, dikenal dengan inovasi dalam menghasilkan biaya tahan lama,-dan-efisien netbook kekuatan bagi negara-negara berkembang, dianggap sebagai salah satu faktor utama yang menyebabkan produsen perangkat keras komputer atas untuk mulai membuat netbook berbiaya rendah untuk pasar konsumen. Ketika pertama ASUS Eee PCterjual lebih dari 300.000 unit dalam empat bulan, perusahaan seperti Dell dan Acer mencatat dan mulai memproduksi murah netbook mereka sendiri. Dan sementara OLPC XO-1 target khalayak yang berbeda daripada yang lain ‘produsen netbook tersebut, tampak bahwa OLPC kini menghadapi persaingan yang katalis per se. Negara-negara berkembang kini memiliki pilihan vendor besar, dari mana mereka dapat memilih yang murah netbook mereka suka.
Pada akhir 2008, netbook mulai mengambil pangsa pasar dari notebook . Berbeda dengan sebelumnya, sebagian besar gagal mencoba membangun komputer mini sebagai kelas baru perangkat komputasi personal utama yang dibangun di sekitar platform yang relatif mahal yang memerlukan aplikasi perangkat lunak berpemilik atau mengesankan keterbatasan kegunaan parah, keberhasilan baru-baru ini netbook juga dapat dihubungkan dengan fakta bahwa teknologi PC sekarang telah cukup matang untuk benar-benar memungkinkan biaya implementasi dioptimalkan dengan kinerja yang cukup untuk memenuhi kebutuhan sebagian besar pengguna PC. Ini diilustrasikan oleh fakta bahwa kinerja sistem khas netbook adalah pada tingkat PC utama pada tahun 2001, sekitar seperempat biaya. Sementara ini tingkat kinerja cukup untuk sebagian besar kebutuhan pengguna, itu menyebabkan meningkatnya minat dalam aplikasi sumber daya-efisien seperti Google Chrome, dan memaksa Microsoft untuk memperpanjang ketersediaan Windows XP dalam rangka untuk mengamankan pangsa pasar. Diperkirakan bahwa hampir tiga puluh kali lebih netbook terjual pada tahun 2008 (juta, 70% 11,4 dari yang di Eropa 2007) dibandingkan dengan (400.000). Untuk tahun 2009, penjualan diperkirakan akan melompat menjadi 35 juta, diperkirakan meningkat menjadi 139.000.000 pada tahun 2013. Kecenderungan ini diperkuat dengan munculnya aplikasi berbasis web serta jaringan mobile dan, menurut Majalah Wired , netbooks berkembang menjadi “super-portable laptop bagi para profesional”. The resesi yang sedang berlangsung juga membantu dengan pertumbuhan penjualan netbook. [17]
Di Australia , di New South Wales Departemen Pendidikan dan Pelatihan , dalam kemitraan dengan Lenovo , menyediakan Tahun 9 (sekolah tinggi) siswa di sekolah-sekolah pemerintah tinggi dengan bebas netbook Lenovo S10e pada tahun 2009 dan Lenovo Mini 10 netbook pada tahun 2010 dimuat dengan perangkat lunak, termasuk Microsoft Kantor dan Sistem Adobe Creative Suite ‘4. Ini disediakan di bawah Perdana Menteri Kevin Rudd ‘s Revolusi Pendidikan Digital, atau DER. Netbooks menjalankan Windows 7 Enterprise. Mereka memiliki perangkat pelacakan unik built-in yang dapat digunakan polisi untuk melacak perangkat jika hilang atau dicuri. The NSW DET mempertahankan kepemilikan netbook ini sampai mahasiswa tersebut lulusan dari Tahun 12, ketika siswa dapat menyimpannya.
Yunani adalah menyediakan semua tua siswa kelas 13 (sekolah menengah, atau gimnasium , mahasiswa tahun pertama) dan guru mereka dengan netbook bebas pada tahun 2009 melalui “Digital Kelas Initiative”. Siswa diberikan satu kupon masing-masing yang unik, yang menebus mereka netbook pilihan mereka, sampai langit-langit harga € 450, di toko-toko yang berpartisipasi di seluruh negeri. Netbook ini datang digabungkan dengan versi lokal dari salah satuWindows XP (atau yang lebih tinggi) atau open source (misalnya Linux ) operasi sistem, kabel dan fungsi jaringan nirkabel, perlindungan antivirus, preactivated kontrol orangtua, dan paket perangkat lunak pendidikan.
Microsoft dan Intel telah mencoba untuk “semen” netbook pada akhir rendah untuk melindungi pasar penjualan notebook PC mainstream, karena mereka mendapatkan margin yang lebih rendah pada model biaya rendah. Perusahaan-perusahaan telah membatasi spesifikasi netbook, tetapi meskipun ini produsen peralatan asli telah mengumumkan akhir model netbook yang lebih tinggi pada Maret 2009.
Akhir tahun 2008 laporan tersebut adalah bahwa netbook khas menampilkan kg 1,4 (3 lb) berat, 9 dalam (23 cm) layar, konektivitas nirkabel Internet, Linux atau Windows XP , sebuah Intel Atom prosesor, dan biaya kurang dari $ 400 US. A-2009 koran artikel pertengahan mengatakan bahwa netbook khas adalah 1,2 kg (2,6 lb), 300 $ US, dan memiliki 10 dalam (25 cm) layar, 1 GB -akses memori acak , sebuah 160 GB hard disk drive , dan sebuah transceiver nirkabel baik untuk rumah dan jaringan selular.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s